HomeTips & TrickCara Mengoptimalkan Situs Web UMKM Anda Agar Muncul di Pencarian Google
Cara Mengoptimalkan Situs Web UMKM Anda Agar Muncul di Pencarian GoogleBy: Elavigne - 7 Jul 2023

Kini sudah banyak Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) yang memanfaatkan digitalisasi bisnis untuk memasarkan produknya secara online. Salah satu usaha pemasaran digital yang dilakukan UMKM adalah dengan menggunakan situs web yang bisa muncul dalam pencarian random di internet.

Namun, agar situs web UMKM lebih mudah ditemukan oleh pelanggan potensial yang mencari produk-produk yang anda tawarkan, ada beberapa hal yang perlu dipelajari. Dan berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang cara mengoptimalkan situs web UMKM anda agar muncul di pencarian google.

Perhatikan Cara Penulisan Nama Produk

Kemunculan situs web di halaman utama pencarian Google sangat berhubungan erat dengan jenis produk yang anda ditawarkan. Jika dijelaskan secara singkat, para pengunjung dunia maya pada umumnya akan menggunakan keyword jenis produk yang dicari, jadi alih-alih mementingkan penulisan nama brand yang anda miliki, lebih baik untuk mengutamakan cara penulisan nama produk yang banyak diketahui orang.

Caranya adalah dengan menggunakan nama produk yang jelas, singkat, dan mudah dipahami. Namun, pastikan nama produk tersebut bebas dari masalah hak cipta, oleh karena itu penting juga untuk menambahkan faktor unik agar bisa menjadi pembeda dengan produk yang ditawarkan oleh para kompetitor.

Optimalisasi Visual Produk yang Dijual UMKM

Pada pencarian google, biasanya orang-orang akan berfokus pada gambar yang ditampilkan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan foto produk untuk meningkatkan ketertarikan pembeli mengunjungi situs web UMKM anda.

Gunakan gambar produk yang menarik serta menampilkan detail produk, karena jika banyak pengunjung yang melihat detail produk maka semakin naik pula rating situs web UMKM anda di halaman pencarian Google. 

Pelajari Penggunaan Kombinasi Keyword

Situs web UMKM juga bisa semakin optimal ketika anda menggunakan kombinasi kata kunci yang benar. Kombinasi ini harus berhubungan dengan produk yang anda tawarkan agar calon konsumen bisa lebih mudah menemukan produk yang dicarinya.

Contoh paling mudah agar kombinasi keyword mudah ditemukan adalah dengan menggabungkan jenis produk, merek dagang, serta keterangan produk yang lebih spesifik, misalnya seperti “Sepatu Converse hitam ukuran 39”.

Tautkan Situs Web pada Media Sosial UMKM

Terakhir, agar situs web UMKM semakin banyak dikunjungi oleh peselancar dunia maya dan ratingnya terus naik di halaman-halaman utama Google, pastikan untuk menautkan link situs web UMKM anda pada semua media sosial yang dimiliki.

Dengan begitu akan semakin banyak pengunjung yang melihat-lihat produk yang anda tawarkan secara online melalui website dan bisa dijadikan salah satu peluang menarik konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. 

Nah, itu dia ulasan lengkap tentang cara mengoptimalkan situs web UMKM anda gara muncul di pencarian Google. Bagi anda yang masih belum memiliki situs web UMKM, pastikan untuk segera membuatnya untuk meningkatkan penjualan secara online.

Karts Wesbtore bisa menjadi pilihan paling tepat untuk anda pelaku UMKM yang ingin membuat website tanpa repot dan bisa langsung beroperasi. Saatnya go online dengan memperluas jangkauan pasar UMKM dengan situs web. Nikmati fitur-fitur website yang menarik dari mulai tampilan yang responsif, bisa dibuka di semua device, pengelolaan mudah dalam satu panel, dan bisa terhubung dengan layanan jasa pengiriman terpercaya.

Jadi tunggu apa lagi, mulai kembangkan bisnis dengan merambah ke penjualan online dengan situs web UMKM!

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.