HomeBrandingStrategi Pemasaran Digital yang Efektif untuk UMKM
Strategi Pemasaran Digital yang Efektif untuk UMKMBy: Elavigne - 5 Jul 2023
pemasaran digital untuk umkm

Strategi Pemasaran Digital yang Efektif untuk UMKM dengan Aplikasi Kasir Terbaik

Bagi setiap pengusaha, menetapkan langkah pemasaran yang strategis adalah pekerjaan rumah yang tidak mudah. Begitu pula dengan UMKM; pemilik usaha kecil dan mikro menengah juga harus pandai mengambil keputusan bisnis yang tepat. Saat ini, strategi pemasaran digital dianggap sangat efektif untuk UMKM, dan salah satu komponen penting dalam strategi ini adalah penggunaan aplikasi kasir terbaik. Aplikasi kasir terbaik dapat membantu UMKM dalam mengelola transaksi dan data penjualan, sehingga meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemasaran mereka.

Strategi pemasaran digital merupakan tren pemasaran masa kini yang mampu mengoptimalkan operasional serta keuntungan yang didapatkan oleh UMKM. Dengan menerapkan strategi pemasaran digital, UMKM dapat menjangkau lebih banyak konsumen sekaligus menghemat anggaran. Salah satu alat penting dalam mendukung strategi ini adalah C yang membantu pengelolaan transaksi dan inventaris dengan lebih efisien, sehingga memperkuat daya saing dan meningkatkan layanan kepada pelanggan.

Lalu, bagaimana caranya membuat strategi pemasaran digital lebih efektif untuk UMKM? Berikut adalah lima cara yang bisa dilakukan!

Bangun Branding yang Menarik

Pertama, UMKM bisa memanfaatkan kekuatan pemasaran digital untuk membangun branding yang menarik. Saat ini, untuk membangun branding usaha ataupun produk bisa dilakukan dengan menggunakan sosial media dan beragam e-commerce yang dimiliki oleh perusahaan lainnya.

Misalnya, UMKM bisa menggunakan fitur-fitur yang ada di sosial media untuk memperkenalkan usaha dan produk yang ditawarkannya dengan cara yang menarik. Postingan di media sosial tidak hanya berorientasi pada peningkatan penjualan tetapi juga fokus untuk meningkatkan branding yang dibangun.

Key Opinion Leader (KOL)

Untuk membangun brand awareness, UMKM juga bisa menggunakan strategi pemasaran digital dengan menggaet opini publik melalui seseorang yang memiliki keahlian di bidang tertentu, atau sering disebut sebagai key opinion leader (KOL).

Meskipun hampir mirip dengan influencer, nyatanya KOL diyakini lebih memberikan validitas formil terhadap sebuah produk yang direkomendasikannya, hal itu dikarenakan kemampuan seorang key opinion leader relevan dengan bidang pekerjaan atau latar belakang pendidikannya, sehingga tingkat kepercayaan publik akan lebih tinggi.

Perbanyak Networking

Salah satu strategi pemasaran digital yang terbukti efektif dilakukan oleh UMKM adalah dengan memperbanyak jejaring sosial dengan semua orang yang terlibat dalam proses bisnis. Misalnya para investor, pemasok bahan baku, hingga pelanggan. 

Dengan kemudahan internet dan digitalisasi bisnis, hubungan baik dengan rekan bisnis dan konsumen bisa dijalin dengan cara sederhana, misalnya dengan saling bertukar kabar melalui aplikasi bertukar pesan, atau mengikat konsumen dengan email marketing. 

Selalu Konsisten dan Inovatif

Dalam menjalankan bisnis, selain berorientasi pada pencapaian hasil yang telah dirancang di awal berdirinya usaha, penting juga untuk memiliki sikap konsisten dalam menjalankan usaha dengan sungguh-sungguh. Salah satu cara untuk mendukung konsistensi ini adalah dengan memanfaatkan manfaat tersembunyi aplikasi kasir. Aplikasi kasir tidak hanya mempermudah proses transaksi, tetapi juga membantu dalam pengelolaan inventaris dan analisis data penjualan. Dengan demikian, pelaku usaha dapat melampaui batas yang diharapkan dan mencapai tujuan yang lebih besar secara lebih efisien.

Hal tersebut bisa diaminkan dengan terus berinovasi, baik dalam hal pengembangan produk-produk baru agar mampu bersaing dengan para kompetitor, atau sistem bisnis yang harus selalu di-upgrade secara dinamis mengikuti perkembangan zaman. 

Buatlah Website Bisnis

Terakhir, strategi pemasaran digital yang juga bisa dimanfaatkan oleh UMKM adalah dengan membuat website bisnis. Website ini nantinya bisa digunakan untuk menjual produk-produk yang ditawarkan sekaligus sebagai branding agar UMKM tampil lebih profesional.

Website bisnis bisa membantu UMKM menemukan pelanggan-pelanggan baru yang belum pernah terjangkau oleh strategi marketing offline. Apabila UMKM belum memiliki website bisnis, Karts Webstore bisa menjadi rekomendasi paling tepat untuk memulai bisnis online UMKM.

Dengan website yang sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai etalase online UMKM, pemilik usaha bisa dipastikan siap bersaing dengan para kompetitor di era transformasi digital seperti sekarang.

Baca juga:

Optimalisasi Manajemen Keuangan Usaha dengan Aplikasi Kasir: Manfaat dan Keunggulannya

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.