HomeBusinessFungsi Manajemen Persediaan untuk Bisnis
Fungsi Manajemen Persediaan untuk BisnisBy: Elavigne - 17 Mar 2023

Dalam dunia bisnis, khususnya untuk perusahaan yang menjual produk yang berupa barang, fungsi manajemen persediaan tentu saja akan sangat berpengaruh untuk kelancaran usaha yang sedang dijalankan.

Pengelolaan persediaan bisa membantu bisnis lebih teratur dan aman, karena biasanya pada saat tertentu nilai permintaan suatu produk bisa melonjak pada waktu yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. 

Jadi untuk memahami lebih jauh tentang fungsi manajemen persediaan dalam bisnis, berikut adalah ulasan lengkapnya!

Menjamin Lancarnya Proses Produksi

Pertama, manajemen persediaan bisa membantu sebuah bisnis memperlancar proses produksinya. Saat pesanan berdatangan, rantai produksi harus berjalan secara optimal dan menjamin tersedianya stok barang bisa memenuhi permintaan pasar.

Manajemen persediaan bisa menjamin lancarnya proses produksi karena sebelumnya akan direncanakan berapa barang yang akan diproduksi dan berapa yang akan dipasarkan dalam waktu tertentu.

Antisipasi Kekurangan Persediaan

Kedua, manajemen persediaan juga bisa menjadi alat bantu untuk mengontrol keluar masuknya hasil produksi, berapa yang mesti disimpan di dalam gudang dan berapa yang boleh dikeluarkan. 

Dengan manajemen persediaan ini perusahaan bisa dengan mudah mengantisipasi kekurangan persediaan untuk beberapa waktu kedepan, karena sebelumnya sudah secara otomatis terkontrol sesuai rencana. 

Memastikan Safety Stock

Setiap perusahaan yang bergerak memproduksi sebuah produk berupa barang, harus bisa memastikan memiliki stok aman yang tersedia untuk didistribusikan kepada para konsumen sesuai penjadwalan dalam rencana bisnis perusahaan.

Jadi fungsi manajemen persediaan juga mencakup hal tersebut, dengan adanya safety stock perusahaan tidak perlu khawatir akan kekurangan persediaan jika sewaktu-waktu ada permintaan dalam jumlah besar dari konsumen. 

Mengantisipasi Permintaan Mendadak

Selanjutnya, fungsi manajemen persediaan juga sebagai bentuk antisipasi perusahaan terhadap kemungkinan-kemungkinan yang nantinya akan ada dalam proses berjalannya bisnis, misalnya seperti keberhasilan divisi pemasaran saat mempromosikan produk, sehingga berimbas pada permintaan mendadak dalam jumlah besar dari konsumen baru.

Dengan adanya manajemen persediaan, perusahaan bisa meminimalisir kekacauan saat adanya permintaan besar dalam waktu yang singkat, karena sebelumnya sudah memiliki safety stock yang telah direncanakan jauh-jauh hari. 

Menyesuaikan Pembelian dengan Jadwal Produksi

Bagi beberapa perusahaan yang memproduksi makanan atau produk lain yang memiliki masa kadaluarsa singkat, manajemen persediaan bisa digunakan untuk mengontrol produk agar tetap layak dikonsumsi dalam jangka waktu yang aman.

Caranya adalah dengan menyesuaikan jadwal produksi dengan waktu distribusi yang tepat, dengan cara itu produk akan tetap aman dan tidak membahayakan para konsumen.

Setelah membaca ulasan diatas tentang fungsi manajemen persediaan untuk bisnis, kini saatnya cara ini diterapkan dalam usaha yang sedang kamu jalankan. Apabila masih kesulitan dengan proses manajemen persediaan yang rumit, tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi pengelolaan bisnis yang bisa mempermudah manajemen persediaan.

Seperti Karts POS yang bisa digunakan sebagai kasir online yang bisa sekaligus membantu manajemen persediaan bisnis, dengan menggunakan aplikasi ini pencatatan transaksi bisa semakin mudah, transparan, dan bisa diakses dengan menggunakan smartphone ataupun tablet. 

Dengan menggunakan aplikasi kasir online, perusahaan bisa lebih mudah mengelola manajemen persediaan dan lebih cepat dan mudah meningkatkan bisnis di era digital seperti sekarang.

Nah, itu dia informasi lengkap tentang fungsi manajemen persediaan dalam bisnis, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan menginspirasi para pelaku bisnis untuk lebih mengembangkan lagi usahanya!

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.